SIstem Informasi Bengkel Daya Motor

Nama Kelompok :

  1. Permadi Setiawan           08.41010.0229
  2. Dwi Meutia                           08.41010.0248
  3. Anita Dwi                              08.41010.0252

SEKOLAH TINGGI

MANAJEMEN  INFORMATIKA & TEKNIK KOMPUTER

SURABAYA






BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Di era globalisasi ini tekhnologi sudah semakin canggih. Fasilitas internet pun semakin dibutuhkan oleh semua kalangan. Dari kalangan anak-anak, remaja sampai orang tua. Banyak pula pihak-pihak yang memanfaatkan fasilitas internet. Berbagai bidang pekerjaan memanfaatkan fasilitas tekhnologi internet yang semakin canggih. Dengan fasilitas internet kita dapat mempromosikan produk barang, tapi tidak hanya produk barang saja. Produk jasa pun juga bisa memanfaatkannya.

Seperti para pengusaha yang sekarang mulai semakin pintar dalam memanfaatkan peluang bisnis untuk mempromosikan produknya secara murah dan cepat. Salah satu bisnis yang memanfaatkan fasilitas internet ini ialah bisnis Bengkel.

Saat ini semakin banyak pula orang yang sudah memiliki transportasi sendiri ( khususnya adalah mobil ) untuk mempermudah seseorang dalam berpergian jauh maupun dekat. Semua orang mempunyai waktu untuk mengendarai mobilnya, namun tidak semua orang mempunyai waktu untuk memperbaiki mobilnya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan tempat seperti sebuah bengkel untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Tetapi manusia bukanlah tipe makhluk hidup yang mudah puas. Mereka selalu menginginkan suatu yang lebih dari yang telah mereka miliki. Begitu juga dalam hal memperbaiki mobil, pelanggan tidak ingin menunggu lama ( antri ) untuk mendapatkan pelayanan lebih dulu. Semua pelanggan ingin dilayani lebih dulu dan ingin diperbaiki saat itu juga ketika mereka datang.

Hal ini seringkali membuat pusing pemilik bengkel karena harus menolak permintaan pelanggan dan pelanggan juga merasa sangat kecewa karena mobilnya tidak bisa diperbaiki saat itu juga. Semua itu disebabkan karena tempat mobil dibengkel seringkali penuh dan tidak cukup untuk memuat mobil melebihi kapasitas yang telah ada serta tenaga montir yang ada juga cukup terbatas.

Selain itu juga, pemilik mobil merasa membutuhkan media untuk berkonsultasi tentang mobil ( tentang kerusakannya maupun onderdilnya ). Dalam hal ini pemilik mobil merasa malas dan tidak punya waktu untuk datang ke sebuah bengkel, jika hanya untuk berkonsultasi saja.

Melihat fenomena ini, pimpinan Bengkel Daya Motor ingin membuat gebrakan baru dan memberikan tugas kepada penulis untuk membuat Sistem Informasi bengkel yang bisa menyelesaikan permasalahan pemilik mobil. Di dalam Sistem Informasi ini akan tersedia media/tempat berkonsultasi  (melalui e-mail ) mengenai segala sesuatu tentang mobil dan juga terdapat link untuk job order (pemesanan tempat dan waktu untuk perbaikan mobil pelanggan/pemilik mobil ).

Dengan adanya sistem informasi ini kami sangat berharap, agar semua permasalahan diatas bisa teratasi. Dan pemilik mobil merasa lebih mudah dalam melakukan transaksi ( job order )  dan konsultasi, tanpa harus datang langsung ke bengkel. Semoga dengan sistem informasi yang digunakan Bengkel Jaya Motor bisa lebih modern dan canggih dalam mengelola bisnisnya.

1.2 RUMUSAN MASALAH

1. Bagaimana cara Bengkel Daya Motor meningkatkan pelayanannya ?

2. Bagaimana cara Bengkel Daya Motor mengatasi customer yang tertolak ?

3. Bagaimana harapan Bengkel Daya Motor dengan adanya sistem informasi yang di miliki ?

1.3 BATASAN MASALAH

Batasan masalah yang ditentukan dalam sistem informasi bengkel adalah sebagai berikut :

1. hanya meliputi job order servis (pemesanan tempat di bengkel) dan konsultasi tentang mobil secara online.

2. Tidak membahas sistem informasi keuangan bengkel

3. Tidak membahas penjualan dan pembelian sparepart

4. Tidak membahas tentang proses transaksi pembayaran keuangan bengkel

5. Tidak membahas tentang bagaimana membuat sistem informasi jadwal kerja montir

1.4 TUJUAN

Tujuan dari pembuatan Sistem Informasi Bengkel Daya Motor ini ialah untuk :

1. Untuk meningkatkan pelayanan

2. Mengurangi customer yang tertolak

3. Untuk mempermudah pemilik mobil dalam hal pemesanan tempat di bengkel jika ingin memperbaiki mobil, tanpa harus datang langsung ke bengkel.

4. Untuk mempermudah pemilik mobil jika ingin berkonsultasi mengenai mobil tanpa harus repot datang ke sebuah bengkel hanya untuk berkonsultasi.

5. Agar lebih canggih dan modern mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju.

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Sistem Informasi

Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu .  Karakteristik/), Lingkungan Luar Sistem (environments), Penghubung (interace), Masukan Sifat Sistem  meliputi : Komponen sistem (components), Batas Sistem (boundary (input), Keluaran (output), Pengolah (process), Sasaran(objectives), dan yang terakhir adalah Tujuan (goal).

Dan Klasifikasi Sistem meliputi :

  1. Sistem abstrak dan sistem fisik
  2. Sistem alamiah dan sistem buatan manusia
  3. Sistem tertentu dan sistem tak tentu
  4. Sistem tertutup dan sistem terbuka

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna danlebih berarti bagi yang menerimanya .

Kualitas informasi meliputi akurat ( bebas dari kesalahan, tepat pada waktunya, relevan (bermanfaat). Nilai informasi di tentukan oleh manfaat dan biaya mendapatkannya.

Pengertian Sistem Informasi , menurut :

  1. Ni G.A.P. Harry S , adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan .
  2. Tejoyuwono Notohadiprawiro , adalah suatu kumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaannya yang mencakup lebih jauh daripada sekedar penyajian. Istilah tersebut menyiratkan suatu maksud yang ingin di capai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaannya.

Setiap sistem informasi menyajikan tiga gatra pokok : (1) pengumpulan dan pemasukan data, (2) penyimpanan dan pengambilan kembali (retrieval) data, dan (3) penerapan data, yang dalam hal sistem informasi terkomputer termasuk penayangan (display) (Lynch, 1977). Suatu sistem informasi terkomputer pada asasnya terdiri atas lima komponen yang menjadi sub-sistemnya (Knapp cit. Smith et al. , 1987), yaitu (1) pelambangan (encoding) data dan pemrosesan masukan, (2) pengolahan data, (3) pengambilan kembali data, (4) pengolahan dan analisis data, dan (5) penayangan data.

Suatu sistem informasi dibuat untuk suatu keperluan tertentu atau untuk memenuhi permintaan penggunaan tertentu, maka struktur dan cara kerja sistem informasi berbeda-beda bergantung pada macam keperluan atau macam permintaan yang harus di penuhi. Oleh karena kepentingan yang harus dilayani sangat beraneka, maka macam sistem pun sangat beranek. Namun demikian, sistem informasi mempunyai banyak tampakan (features) umum dan menghadapi banyak persoalan yang mirip.

Jadi, disamping perbedaan yang jelas terdapat banyak persamaan antar berbagai sistem informasi. Suatu persamaan yang menonjol adalah semua sistem informasi menggabungkan berbagai ragam data yang dikumpulkan dari berbagai sumber (Coppock & Anderson, 1987).

Sistem Informasi Bengkel Daya Motor adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang di buat bengkel daya motor untuk mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar atau customer tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

BAB III

Analisa dan Perancangan Sistem

3.1 Analisis Sistem

Sistem yang digunakan  saat ini masih secara manual. Semua customer yang ingin memperbaiki/menservice kendaraannya harus datang langsung ke bengkel. Tanpa jelas apakah nantinya setelah sampai di bengkel, mereka akan di layani / malah mereka akan ditolak. Sehingga terkadang banyak sekali customer yang kecewa karena penolakan dari bengkel. Belum lagi jika ada customer yang ingin berkonsultasi mengenai kendaraanya. Otomatis bengkel pun semakin ramai dan antri . Ini membuat customer yang ingin konsultasi bingung dimana mereka harus konsultasi , sedangkan montir sudah sibuk melayani customer yang menservis kendaraannya . Tentu saja ini sangat membung waktu mereka. Dengan permasalahan seperti ini, maka di butuhkan sistem informasi bengkel yang efektif, dan efisien agar customer merasa nyaman dan mudah dalam menservis kendaraan maupun konsultasi

3.2 Analisis Permasalahan

Dari pengamatan di karenakan belum adanya sistem informasi, permasalahan yang muncul adalah sebagai berikut :

a. Bagaimana mengurangi kesulitan akses customer jika ingin berkonsultasi tanpa harus mengantri panjang yang jelas sangat membuang waktu ?

b. Bagaimana customer dapat memperoleh informasi mengenai jumlah yang telah memesan tempat untuk servis ?

c. Bagaimana customer dapat menghemat waktu tunggu saat akan menservis ?

3.3 Analisis Kebutuhan

Dengan adanya permasalahan-permasalahan tersebut diatas, maka dibutuhkan pengembangan sebagai berikut :

a. Pembuatan sistem informasi yang didalamnya menyediakan tempat jika customer ingin berkonsultasi

b. Pemberian informasi mengenai daya tampung service motor

c. Pemberian informasi mengenai waktu servis motor

3.4  Sistem Flow


3.5 Contex Diagram


3.6 DFD lvl 0



3.7 DFD lvl 1


3.8 Diagram Berjenjang


3.9 ERD-CDM


3.10       ERD-PDM


3.11 Interface


Satu Tanggapan to “SIstem Informasi Bengkel Daya Motor”

  1. Mr WordPress Says:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: